Mekanisme Investasi Saham Syariah Sistem dan Profitnya

Mekanisme Investasi Saham Syariah Sistem dan Profitnya

Mekanisme Investasi Saham Syariah Sistem dan Profitnya

Investasi Saham Syariah – Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tidak heran bila kiranya hal-hal yang berbau syariah mendapat perhatian penuh dari masyarakat, termasuk saham syariah.

Ya, saham syariah hadir demi menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin bermain di dunia saham. Mekanisme investasi saham syariah sistem dan profitnya seringkali menjadi hal yang dipertanyakan oleh orang-orang yang masih awam di bidang ini dan memiliki ketertarikan untuk mempelajarinya bahkan ikut terjun di dalamnya.

Advertisements

Memang hal tersebut adalah sesuatu hal mendasar yang harus diketahui oleh siapapun yang memutuskan untuk terjun di investasi saham syariah ini.

Apakah Anda juga salah satunya dan sedang bingung mencari referensi mengenai mekanisme investasi saham syariah sistem dan profitnya ini? Jika iya, mungkin penjelasan yang ada di bawah ini bisa sedikit membantu Anda:

  1. Mekanisme Investasi Saham Syariah

Mekanisme investasi saham syariah pada dasarnya sama seperti ketika Anda berinvestasi pada saham konvensional.

Anda bisa langsung mendatangi perusahaan sekuritas yang menjual saham syariah, kemudian silahkan langsung Anda pilih saham syariah yang Anda minati, silahkan Anda buka rekening di sana, lalu setorkan sejumlah dana. Baca Investasi Online Syariah Terpercaya

Apakah ini sulit? Tentu saja tidak. Namun yang namanya membeli saham, tetap ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, diantaranya adalah kenali saham yang Anda inginkan terlebih dahulu.

Advertisements

Kemudian pastikan bahwa saham yang Anda inginkan tersebut sudah terbebas dari praktik yang menyimpang dari ajaran agama Islam dan pastikan bahwa perusahaan yang akan Anda datangi sudah diakui oleh OJK supaya Anda bisa lebih yakin mempercayakan dana yang Anda punya di sana.

  1. Sistem dan Profit

Sama seperti sistem yang berlaku pada bank syariah, saham syariah juga menerapkan sistem bagi hasil. Sehingga bila Anda ikut bermain di dalamnya.

Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang berupa riba atau yang biasa diistilahkan dengan bunga. Dengan sistem bagi hasil ini, para pemegang saham bukan hanya bisa mendapatkan sebagian keuntungan dari perusahaan yang bersangkutan sajah.

Tetapi juga memiliki atau menanggung resiko yang sama besarnya apabila perusahaan tersebut mengalami kerugian.

Lalu, jika kemudian terdapat pertanyaan apakah saham syariah ini bisa memberikan profit yang lebih tinggi dari saham yang biasanya, maka jawabannya adalah belum pasti.

Hanya saja ini membuat umat muslim di Indonesia memiliki tambahan jenis investasi yang baru selain instrumen investasi syariah yang lainnya. Baca Membeli Saham Syariah Online

Itulah mekanisme investasi saham syariah sistem dan profitnya. Jadi, untuk Anda yang beragama Islam namun selama ini masih ragu apakah bermain saham itu melanggar aturan syariat atau tidak, cobalah pertimbangkan investasi saham syariah ini. Insya allah ini adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply