Macam-Macam Saham Syariah, Kenali Sebelum Anda Terjun

Macam-Macam Saham Syariah, Kenali Sebelum Anda Terjun

Macam-Macam Saham Syariah, Kenali Sebelum Anda Terjun

Saham syariah merupakan saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang memiliki karakteristik sesuai dengan syariah Islam.

Sama seperti saham yang biasanya, terdapat macam-macam saham syariah, kenali sebelum Anda terjun ke dunia investasi dengan instrumen yang satu ini. Ini adalah hal mutlak yang memang harus Anda pelajari terlebih dahulu sebagai bekal awal supaya Anda tidak keliru hendak memilih saham yang mana.

Advertisements

Praktik jual beli saham ini sudah diperbolehkan oleh MUI melalui fatwanya yaitu Fatwa DSN-MUI No.40/DSN-MUI/2003.

Ini jelas merupakan alternatif terbaik yang bisa dipilih oleh umat muslim yang hendak ikut berinvestasi saham namun khawatir dengan kemungkinan praktik-praktik riba dan judi yang ada di dalamnya.

Namun, sekali lagi, pahami macam-macam saham syariah, kenali sebelum Anda terjun supaya Anda benar-benar bisa mendapatkan saham sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Macam-Macam Saham Syariah

Umumnya, macam-macam saham syariah yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah saham biasa dan saham preferen. Penjelasan lebih lanjut mengenai macam saham tersebut bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Saham Biasa

Saham biasa atau common stock merupakan saham yang paling banyak dikenal oleh masyarakat. Saham ini membuat pemilik saham berada di posisi paling terakhir terhadap pembagian dividen serta hak atas kekayaan perusahaan bila perusahaan yang bersangkutan diliquidasi.

Ini juga menunjukkan bahwa pemilik saham tidak memiliki hak istimewa bahkan bisa juga tidak akan mendapatkan pembayaran dividen selama perusahaan tersebut tidak mendapatkan keuntungan.

Advertisements

Tanggung jawab pemilik saham biasa terhadap klaim pihak lain adalah terbatas, namun dia juga memiliki hak untuk mengalihkan saham miliknya kepada orang lain. Baca Membeli Saham Syariah Online

  1. Saham Preferen

Saham preferen arau prefered stock adalah saham yang sifatnya sulit untuk diperjualbelikan mengingat jumlahnya hanya sedikit.

Saham ini merupakan gabungan antara saham biasa dengan obligasi sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang tetap.

Saham ini juga cenderung lebih aman bila dibandingkan dengan saham yang pertama tadi karena terdapat hak klaim atas kekayaan perusahaan serta pembagian dividen terlebih dahulu. Karakteristik utama saham preferen ini antara lain:

  1. Dividen kumulatif, yang apabila periode sebelumnya belum dibayarkan, maka bisa dibayarkan pada periode yang saat ini tengah berjalan dan sifatnya lebih dahulu dari saham biasa
  2. Dalam hal pembagian dividen, saham preferen lebih memiliki prioritas
  3. Bisa diterbitkan dengan karakteristik yang tidak sama, karena memiliki berbagai tingkat

Bagi Anda yang memiliki kelebihan uang dan ingin mempersiapkan masa depan, memang investasi menjadi alternatif terbaik yang bisa Anda pilih.

Dengan kehadiran saham syariah ini, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kemungkinan-kemungkinan melanggar peraturan agama bila turut serta bermain saham. Baca Mekanisme Investasi Saham Syariah

Oke, itu dia macam-macam saham syariah, kenali sebelum Anda terjun di dunia investasi saham syariah ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply