Cara Tanam Saham di Bank, Pengertian, dan Cara Gabung (PENGALAMAN)

Cara Tanam Saham di Bank, Pengertian, dan Cara Gabung (PENGALAMAN)

Cara Tanam Saham di Bank, Pengertian, dan Cara Gabung (PENGALAMAN)

Tanam Saham di Bank – Perlu manajemen keuangan yang baik untuk mengelola uang Anda. Setidaknya, pisahkan uang Anda menjadi tiga, yaitu untuk kebutuhan, tabungan, dan investasi.

Salah satu investasi yang patut Anda coba adalah saham. Nah, bagaimana cara tanam saham di bank, pengertian, dan cara gabung untuk Anda yang masih pemula?

Advertisements

Saham dapat diartikan sebagai bukti kepemilikan perusahaan. Artinya ketika Anda membeli saham suatu perusahaan, Anda dapat mengklaim sebagai pemilik perusahaan tersebut.

Dengan memiliki saham suatu perusahaan, Anda berhak mendapatkan dividen atau pembagian keuntungan dari perusahaan.

Bagaimana Sih Tanam Saham di Bank

Dalam jual beli saham, Anda tidak bisa begitu saja melakukan transaksi seperti di pasar pada umumnya. Saham memiliki pasarnya sendiri yang dikelola oleh Bursa Efek Indonesia. Baca Bermain Saham di Bursa Efek Indonesia

Untuk dapat melakukan transaksi, Anda harus diwakili oleh yang berwenang, dalam hal ini adalah perusahaan sekuritas atau bisa disebut broker saham.

Maka, apabila Anda tertarik berinvestasi saham, langkah pertama adalah mendaftar ke salah satu perusahaan sekuritas.

Terdapat beberapa bank yang melayani jasa sebagai perusahaan sekuritas. Anda dapat mendaftar di bank untuk memulai transaksi dan investasi saham. Lantas, bagaimana cara tanam saham di bank, pengertian, dan cara gabung? Simak informasi di bawah ini.

  1. Memilih perusahaan sekuritas atau broker saham

Anda harus mencari perusahaan sekuritas yang dapat dipercaya. Beberapa bank melayani jasa sebagai broker saham dan patut Anda coba.

Beberapa bank seperti BNI, Mandiri, BCA, dan sebagainya menawarkan jasa broker saham dengan keunggulannya masing-masing.

Advertisements

Silahkan cek setiap layanan yang ditawarkan. Apabila perlu, lakukan konsultasi agar Anda mendapat broker saham terbaik.  Baca Cara Membeli Saham Telkomsel

  1. Tentukan tujuan investasi Anda

Jangan lupa untuk menentukan terlebih dahulu tujuan Anda dalam berinvestasi. Apakah sekadar agar uang Anda tidak menganggur atau untuk mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang.

Tujuan ini harus clear terlebih dahulu karena menyangkut hal-hal lain yang akan Anda putuskan kemudian.

Tujuan pula yang menentukan tindakan Anda saat sudah masuk dalam pasar saham nantinya. Apakah Anda akan sering melakukan jual beli (trading), atau cukup membeli saham suatu perusahaan dan mendiamkannya selama beberapa tahun.

  1. Tentukan anggaran investasi

Sangat penting untuk menentukan berapa besaran uang yang Anda alokasikan untuk berinvestasi. Berapa persen penghasilan yang akan Anda larikan untuk investasi saham.

Angka ini penting karena tentunya akan mempengaruhi keputusan Anda dalam memilih saham yang akan dibeli.

Untuk membeli saham dengan harga yang tinggi tentunya menuntut Anda untuk mengalokasikan dana yang lebih besar untuk investasi saham. Baca Membeli Saham Untung dan Ruginya

Itu dia beberapa cara tanam saham di bank, pengertian, dan cara gabung. Tentu ketika Anda sudah yakin untuk berinvestasi, segera datang ke broker atau bank pilihan dan ikuti prosedur pendaftarannya. Perhatikan setiap keunggulan dan persyaratannya. Selamat berinvestasi.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply