Cara Membeli Saham Untung dan Ruginya ( Pengalaman Sendiri)

Cara Membeli Saham Untung dan Ruginya ( Pengalaman Sendiri)

Cara Membeli Saham Untung dan Ruginya ( Pengalaman Sendiri)

Membeli Saham Untung dan Ruginya – Saham adalah salah satu surat berharga yang paling banyak digunakan oleh para investor.

Kenapa? Karena mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dalam waktu singkat. Bagi yang ingin berinvestasi, ketahui dulu cara membeli saham untung dan ruginya.

Advertisements

Jika tidak mengerti permainannya, Anda akan mengalami kerugian atau bahkan bisa mengakibatkan kebangkrutan. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membelinya.

Untung dan Rugi Rugi dalam Membeli saham

  1. Membuat rekening

Tahap awal diawali dengan membuat rekening saham di salah satu perusahaan pialang. Beberapa broker menawarkan pembukaan rekening untuk minimal saldo awal tidak terlalu besar.

Tapi, ada juga yang tidak memberikan batasan jumlah dananya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan efek Anda pilih.

Biasanya dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pembuatan rekening meliputi foto copy identitas dan buku tabungan, data alamat lengkap, usaha atau pekerjaan, serta surat ahli waris (jika ada).

  1. Pilih saham

Setelah membuka rekening, nasabah melakukan pemilihan sebelum benar-benar membelinya. Saat memilih, pastikan Anda mengetahui kondisi perusahaan yang bersangkutan.

Misalnya, apakah berkembang, keuntungannya selalu meningkat atau tidak, dan sebagainya. Selain itu, lihat grafik harga sahamnya karena menjadi acuan untuk order sekarang atau menunggu beberapa hari lagi.Baca Cara Investasi Saham Online

Pertimbangkan sebaik-baiknya dalam memilih sehingga tidak terjadi kerugian di pihak Anda.

  1. Beli saham

Ada 2 cara untuk membelinya, yaitu dari pialangnya atau aplikasi trading online. Nasabah bisa order pembelian melalui broker baik secara langsung di kantornya atau dengan cara meneleponnya.

Umumnya, perusahaan bursa sudah memiliki fasilitas online supaya pelanggannya dapat melakukan order di mana saja dan kapanpun.

Advertisements

Artikel cara membeli saham untung dan ruginya tidak sampai di sini, karena selanjutnya akan dibahas keuntungan serta kerugian yang didapat investor.

Pada dasarnya, ada 2 keuntungan nasabah yaitu dividen dan capital gain.

  • Dividen

Pembagian keuntungan yang diberikan untuk nasabah dari laba bersih perusahaan dan besar kecilnya tergantung dari kebijakan pialang Anda pilih.

Dividen harus mendapat persetujuan dari para pemegang saham dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Baca Bermain Saham di Bursa Efek Indonesia

  • Capital gain

Keuntungan diperoleh dari selisih harga saham yang mengalami kenaikan saat melakukan pembelian maupun penjualan.

Sebagai contoh, Anda membeli seharga Rp 8.000,00 per lembar, kemudian menjualnya lagi dengan harga Rp 8.800,00.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan capital gain sebesar Rp 800,00 untuk setiap lembarnya.

Beberapa risiko yang mungkin muncul adalah sebagai berikut.

  • Capital loss

Kondisi di mana investor menjual sahamnya lebih rendah dari harga belinya. Misalnya,  per lembar dijual Rp 2.500,00, padahal saat membelinya seharga Rp 3.000,00.

Akibatnya, mengalami capital loss sebesar Rp 500,00 setiap lembarnya.

  • Suspend

Bursa efek bisa mengeluarkan status suspend ketika perusahaan punya masalah keuangan atau hukum.

Adanya berbagai macam keuntungan dan kerugian investasi saham, bisa menjadi pertimbangan apakah Anda tetap ingin menanam modal bursa. Baca Cara Membeli Saham Telkomsel

Untuk menghindari terjadinya defisit, maka pilihlah perusahaan yang mampu menghasilkan profit dan tidak mempunyai masalah internal. Semoga artikel cara membeli saham untung dan ruginya ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply