Cara Investasi Tanah Kavling Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Investasi Tanah Kavling Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Investasi Tanah Kavling Kelebihan dan Kekurangannya

Cara investasi tanah kavling kelebihan dan kekurangannya menjadi soal yang seringkali dipertanyakan oleh orang-orang yang baru pertama kali hendak terjun di dunia investasi.

Ya, properti yang satu ini rupanya sedang menjadi trend investasi yang ciamik yang banyak diminati oleh orang-orang.

Advertisements

Pasalnya, tanah kavling memang menjadi salah satu properti yang memiliki banyak keuntungan. Lalu, bagaimanakah cara investasi tanah kavling supaya bisa mendatangkan keuntungan?

Pertama, bekerjasama dengan orang lain. Jika Anda memiliki teman yang sudah lebih dulu terjun di investasi yang satu ini, tak ada salahnya Anda bekerja sama dengannya supaya Anda bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya lebih dulu.

Kedua, carilah lokasi yang strategis dan aksesnya tidak buruk agar mudah untuk dijangkau roda empat.

Ketiga, periksa kelengkapan surat tanah dan hindari membeli tanah bila suratnya tidak lengkap.

Keempat, bagilah tanah tersebut menjadi kavling yang teratur. Terakhir, setelah tanah selesai dibagi, itu artinya Anda sudah siap menjual tanah tersebut.

Investasi Tanah Kavling Untung Gak Ya?

Cara investasi tanah kavling sudah disinggung sekilas di atas. Namun, penjelasan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan investasi tanah kavling bisa Anda lihat di bawah ini:

Kelebihan

  • Tidak Ada Biaya Perawatan

Karena properti yang satu ini masih berupa tanah, jelas Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatannya.

  • Bisa Digunakan untuk Bisnis yang Lain

Selama Anda menunggu sampai tanah tersebut bisa dijual, Anda bisa menggunakannya untuk usaha yang lain, misalnya dijadikan kebun sayur ataupun yang lainnya. .

Advertisements
  • Permintaan yang Terus Bertambah

Saat ini persediaan tanah sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Sementara permintaan akan tanah dinilai terus bertambah seiring berjalannya waktu. Baca Syarat Pengajuan Pinjaman KUR

Rumusnya adalah semakin tinggi permintaannya, maka akan semakin tinggi pula penawarannya.

  • Ada Nilai Tambah

Nilai tambah yang dimaksudkan disini akan berlaku hanya jika Anda mengembangkan tanah kavling tersebut. Misalnya, dijadikan ruko, atau bisa juga dijadikan perumahan dalam skala kecil.

  • Capital Gain yang Tinggi

Ini adalah salah satu alasan terbesar kenapa banyak orang tertarik untuk investasi tanah termasuk tanah kavling.

Sudah bukan rahasia lagi bila tanah memang memiliki capital gain yang tinggi dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Kekurangan

  • Modalnya Besar

Untuk mendapatkan tanah, jelas Anda harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit, apalagi bila lokasi tanah tersebut berada di daerah yang strategis.

  • Tingkat Liquiditasnya Kecil

Liquiditas yang dimaksudkan di sini adalah kemudahan untuk dicairkan menjadi berbentuk uang. Tanah jelas memiliki tingkat liquiditas yang kecil karena prosesnya akan memerlukan waktu yang cukup lama.

  1. Pemasukannya Minim

Tanah kavling yang Anda miliki tidak akan menghasilkan apapun jika Anda membiarkannya kosong begitu saja. Kalaupun Anda menyewakannya, maka penghasilan yang akan Anda terima juga tidak seberapa. Baca Tips Investasi Tanah Dengan Modal

Oke, itu dia ulasan mengenai cara investasi tanah kavling kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa memberi manfaat untuk Anda.

Advertisements

Facebook Comments

Leave a Reply